Warisan Arung Palakka, Sejarah Sulawesi Selatan Abad ke 17 #2


Kompeni dan Arung Palakka sama-sama yakin bahwa perang akan terjadi lagi. Sebaliknya, mereka telah tersemangati oleh tawaran Karaeng Tallo dan Karaeng Lengkese yang memperlihatkan perpecahan besar di kubu musuh (KA 1157a:332r; KA 1157b:359r, 360r). 

Dengan melihat perkembangan ini, Speelman merasa “lebih baik memulai [peperangan] daripada menjaga perdamaian yang telah dengan bejat dilanggar oleh tindakan jahat dan akal bulus [Karaeng Karunrung] (KA1157b:359r). Malam tanggal 13 April 1668, tempat penginapan orang Inggris dibakar dan kapal-kapal Belanda mulai menggempur Sombaopu. 

Pada saat bersamaan, Arung Palakka memimpin pasukan Bugis menyerang Kampung Melayu yang terletak antara Sombaopu dan Benteng Rotterdam. Pada babak awal peperangan ini, pasukan Bugis memperlihatkan hal yang tidak biasa, kurangnya keberanian, yang hampir dibayar dengan nyawa Arung Palakka. Ketika dia mencoba mencari jalan di bawah lindungan kegelapan malam, cahaya dari rumah yang terbakar membuat dia terlihat oleh musuh dan tangannya tertembak. Dia terjatuh dan ditinggalkan oleh orang-orangnya kecuali para pengawalnya yang membawanya lari hingga selamat (KA 1157b:362v; Macleod 1900:1291).

Terjadi beberapa lagi peperangan di bulan April yang dinyatakan oleh Belanda sebagai kemenangan mereka, namun kenyataannya hanya ada jalan buntu. Pasukan Makassar mulai membangun perbentengan di dekat Benteng Rotterdam, dan Speelman harus menjaga pasukan Belanda yang kini berkurang hingga hanya 503 orang, dan 175 di antaranya tidak berdaya karena penyakit atau terluka. Mereka harus diamankan di dalam benteng hingga bantuan tambahan pasukan 500 orang tiba dari Batavia (Macleod 1900:1291). 

Di utara Makassar, pasukan Bugis dan Makassar tetap berperang meski pertempuran ini tidak menentukan. Tanggal 4 Mei, beberapa pasukan Makassar melesat keluar dan menyerang dengan ganas ke perkemahan Bugis dan Belanda. Pertempuran berlangsung sepanjang hari dan malam dengan pasukan Makassar yang terus mendapat tambahan pasukan dari belakang. Akhirnya penyerangan itu mengendor dengan pihak Makassar kehilangan empat puluh orang dan terluka seratus orang. Sementara pihak Belanda kehilangan satu orang dan lima
terluka, dan Bugis dengan tiga orang tewas serta empat puluh lima terluka. Setelah pertempuran ini, tidak terjadi apa-apa hingga empat atau lima hari (KA 1157e:373v).


Diambil dari, Leonard Andaya, Warisan Arung Palakka, Sejarah Sulawesi Selatan Abad ke 17, Ininnawa 2004 (terj. Nurhady Sirimorok dari The Heritage of Arung Palakka, A History of South Sulawesi (Celebes) in the Seventeenth Century, Martinus Nijhoff, The Hague, 1981).

...... Bersambung -> klik Bagian Ke 3

Artikel Yang Berhubungan



Your Ad Here

0 komentar:

Posting Komentar

Jangki' lupa isikan ' komentarta dan Ingatkan ki ADMINnya !!

Index Of Mp3

Masukan Nama Penyanyi - Judul Lagu

Mesin Cari Free Download Mp3 Gratis
Server www.index-of-mp3.com hanya membantu pencarian link ke server 4shared, Rapidshare, ziddu, IndoWebster, MegaUpload, Mediafire, Rapidlibrary, Filestube, ZShare, Badongo, Depositfiles, Savefile, Muat-Turun-Download-Percuma, Sendspace, Uploading, Yourfilehost, Yousendit, Uploaded, Filefactory, Filefront, Easy-share. kami tidak menyimpan file di server kami. Jangan lupa Dukung lagu yang anda cari dengan berlangganan nada sambung pribadi nsp / ringtone / rbt dan membeli kaset / cd original di toko-toko musik terdekat.
Free Download Mp3 Lagu Indonesia, Melayu, Barat & MancaNegara Terbaru Gratis | Free Download lagu Populer, Band Indie, Dangdut, bollywood, Musik Daerah Tradisional
intitle index of mp3 Losquin mp3