Publis Makam Raja Bone La Pattawe Matinroe ri Bettung

Sebelumnya Alfatiha.. Amiin, Akhirnya ada juga yg share makam beliau Puatta La Pattawe Daeng Soreyang Arung Palenna, Arung Kaju Arumpone Matinroe ri Bettung, yang berada di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba, demikian terima kasih penulis kepada akunt FB an. saudara Irwan Kurniawan dan Andi Singke yang telah membagi foto di medsos FB keberadaan makam beliau Raja Bone La Pattawe yang telah lama penulis telusuri keberadaan makamnya, namun tidak sangka makam beliau seperti tdk terawat begitu, sebagaimana mengingat beliau adalah salah satu Raja yang pernah memerintah di Kerajaan Bone, salah satu dari sekian kerajaan Besar yang pernah ada di Sulawesi Selatan dan beliau banyak menurunkan generasi yg beberapa diantaranya menjadi pembesar di Negeri ini.


Penelusuran penulias terkait generasi turunan beliau, Misal dari perkawinan beliau Puatta La Pattawe dengan We Samakella Datu Ulaweng melahirkan We Paracung Datu Ulaweng yg kemudian di peristrikan oleh La Mappesadda Datu Sailong yang melahirkan La Pocci Datu Sailong dan We Yakkareng Datu Ulaweng yg kemudian diperistrikan oleh Arumpone Puatta La Tenri Pale Toakkeppeyang Matinroe ri Tallo, perkawinan ini melahirkan We Cakka/Cingkang Datu Ulaweng yg kemudian diperistrikan oleh Ana' Oroanena AwisengE melahirkan :
1. La Makka Arung Ujung Tomarilaleng Bone/Makkedange Tana menikah dengan Opu Tambacina Karaeng Karuwisi melahirkan Tomarilaleng Pawelaiye ri Karuwisi kemudian memperistrikan Karaeng Pabbineyang melahirkan La Posi Tomarilaleng Pawelaiye ri Lompu dan We Banri Gau Arung Tajong yg kemudian diperistrikan oleh La Massellomo Ponggawa Bone LaoE ri Luwu melahirkan La Mappapenning Daeng Makkuling Ponggawa Bone memperistrikan I Hamidah Petta MatowaE Arung Takalara putri Arumpone La Temmasonge Matinroe ri malimongeng yg melahirkan Arumpone Puatta La Tenri Tappu, We Yallu Arung Apala, I Banri Gau Arung Tajong dan We Oja Petta Icani Arung Tajong.
-Adapun:
*Opu Tambacina Karaeng Karuwisi adalah putri dari Topapuatta La Pallisubaja Daeng Mattuju Datu Luwu, PajungE MatinroE ri Gowa dengan istrinya Incara Tauji Karaeng Karuwisi.
*Karaeng Pabbineyang adalah putri dari La Passompereng Arung Teko dengan istrinya Karaeng Ballakairiye.

2. We Mappanyiwi Arung Mare dinikahi oleh Arumpone Puatta La Maddaremmeng Matinroe ri Bukaka melahirkan We Daompo yg diperistri oleh La Uncu Arung Paijjo melahikan La Tenri Lejja ToriwettaE ri Pangkajene dan We Maisori yang kemudian diperistrikan oleh La Toballa Petta PakkenyarangE JennangE rI Bone melahirkan La Tenri Tomarilaleng Pawelaiye ri Kalukubodoa dan La Tone Tomarilaleng Pawelaiye ri Pattingaloang.

3. La Tobbang/Tau Bawang Datu Ulaweng memperistrikan Lebbo Tengngae Datu Bengo melahirkan La Jonjong Petta MakojoE Arung Gona yang kemudian memperistrikan We Tenri Oddang melahirkan La Wajo Datu Salomekko dan La Ukka Petta PabbukajuE Datu Ulaweng, Datu Sailong dan Arung Gona.

-Adapun We Tenri Oddang adalah putri dari La Toekkeng Datu Sailong dan istrinya We Tenri Talunru putri dari To Mannippie Arung Salangketo dengan istrinya We Tenri Yampareng Arung Cellu saudara perempuan dari Arumpone La Maddaremmeng Matinroe ri Bukaka,
Kembali ke La Toekkeng Datu Sailong adalah putra dari La Pocci Datu Sailong dengan istrinya We Pamiring Sampu.

#Wallahualam.
#dariberbagaiSumber.

Artikel Yang Berhubungan



Your Ad Here

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamu Alaikum
Maaf..boleh tahu siapa suami dari We cakka/Cingkang datu ulaweng (ana orowanena Awisenge)

Unknown mengatakan...

Tahun berapa beliau meninggal di bettung, kalau tidak salah dengar beliau karacunan.

Unknown mengatakan...

Bettu, bukan bettung.
Kec. gantarang, bukan kindang.

Unknown mengatakan...

Orang yang berkubur disitu dibawa dalam keadaan SDH menunggal dan jasadnya ditolak disemua kampung yang dilaluinya , jadi jangan cocologi Bettung jadi Bettu, dan tidak ada kampung bettu disitu Bettu adalah nama lubuk sungai yang sekarang dijadikan bendungan irigasi dan letaknya 600 meter dari lokasi makam.

Posting Komentar

Jangki' lupa isikan ' komentarta dan Ingatkan ki ADMINnya !!

Index Of Mp3

Masukan Nama Penyanyi - Judul Lagu

Mesin Cari Free Download Mp3 Gratis
Server www.index-of-mp3.com hanya membantu pencarian link ke server 4shared, Rapidshare, ziddu, IndoWebster, MegaUpload, Mediafire, Rapidlibrary, Filestube, ZShare, Badongo, Depositfiles, Savefile, Muat-Turun-Download-Percuma, Sendspace, Uploading, Yourfilehost, Yousendit, Uploaded, Filefactory, Filefront, Easy-share. kami tidak menyimpan file di server kami. Jangan lupa Dukung lagu yang anda cari dengan berlangganan nada sambung pribadi nsp / ringtone / rbt dan membeli kaset / cd original di toko-toko musik terdekat.
Free Download Mp3 Lagu Indonesia, Melayu, Barat & MancaNegara Terbaru Gratis | Free Download lagu Populer, Band Indie, Dangdut, bollywood, Musik Daerah Tradisional
intitle index of mp3 Losquin mp3